Thursday, January 14, 2016

Bikin Home Recording Studio

This is gonna be tips of DIY recording studio at your house or home recording studio or the best cheap recording studio or what else can i say? I think those are the points. 

http://rwthomeremodeling.com/

So, skip the long story of mine. If you want to record and produce a song or you just want to cover a song for Youtube or Soundcloud, you will need :
  1. Laptop or PC (definitely)
  2. Microphone
  3. Audio Interface
  4. Speakers
  5. Headphone
  6. Digital Keyboard (optional)
  7. Studio Monitors (optional)
1. Laptop
Sure, laptop atau komputer itu wajib ada. Atau bisa juga pake tab atau handphone ? Well, it's up to you. Handphone bisa dijadiin alat perekam yang baik juga kok. Waktu awal, pertama kali aku nyobain rekaman, rekamnya pake handphone ajah. Samsung young duos, jaman kuliah dulu lumayan bening hasilnya, tapi tetep guys.. Ngeditnya juga pasti di laptop.

2. Microphone
Kalo recording/rekaman untuk cover youtube, bikin lagu sendiri, atau apapun lah, aku saranin beli mic condenser. Kenapa ? Karena mic ini sensitif, memang dipake untuk rekaman pada umumnya. Bisa yang colokannya USB atau XLR. Kalo yang USB, tinggal plug and record. No need driver or anything.

Untuk mic condenser USB bisa coba :
SAMSON GO MIC (500 ribuan)
BLUE SNOWBALL (800 ribuan)
SAMSON C01U PRO (1,1 juta) >> Highly recommended!
AUDIO TECHNICA AT2020 (2 jutaan)
RODE NT-USB (2,8 juta)

Untuk referensi harga bisa cek di MUSICIAN FRIEND (Internasional), GVMUSIK.COM, TOKO DISTORSI.

Kalo yang jack nya XLR, buat hubungkan ke laptop elo harus pake.. (liat nomor 3)

3. Audio Interface / Soundcard
Semacam konvertor atau penghubung mic ke laptop, ada banyak jenisnya. Pilih yang USB. Dan tergantung apakah kamu hanya akan merekam vokal atau instrumen musik juga. Berapa waktu lalu, aku beli Behringer Uphoria UM2. Itu interface yang inputnya 1 mic dan 1 gitar. Harganya sekitar 800 ribuan. Aku beli disini DigiAudio Bandung via Tokopedia. Untuk detailnya, bisa baca penjelasan soal audio interface, klik diSINI.

Referensi yang lain untuk interface 2 inputs (mikrofon dan gitar) :
a. Behringer UM2 (800 ribuan) 2 inputs
b. Steinberg CI2+ (1,5 juta) 2 inputs
c. Focusrite Scarlett Solo (1,4 juta) 2 inputs
d. M-Audio Fast track 2 (1,6 juta) 2 inputs

4. Speakers
Kalo speaker mah terserah, pake yang ada juga gapapa. Kalo aku pake Simbadda CST 6200 N. Belinya udah lama, harganya sekarang sekitar 500 ribu.

5. Headphone
Nah, kalau ini ada dua jenis. Closed back headphone dan Open back headphone. Penjelasan lengkap bisa klik diSINI

OPTIONAL
6. Digital Keyboard
7. Studio Monitor

Digi keyboard sama studio monitor ini opsi lanjutan untuk yang mau bikin studio rekaman professional. Aku baru sampe yang simple aja alat-alatnya, so.. that's all from me. Have a nice day! Have a nice recording! See you. Next post, aku akan review Behringer UM2. 

No comments:

Post a Comment